Lulus Sekolah, Mau lanjut kuliah atau kerja?

07:07
Banyak yang kebingungan setelah lulus SMA mau lanjut kemana, Kuliah atau kerja. Tergantung anda Karena hidup adalah pilihan anda. Tapi disini saya ingin berbagi sedikit kisah tentang kehidupan saya dibalik kerja dan kuliah yang tengah saya jalani sekarang ini. 

Ya, cita - cita setinggi langit adalah angan angan yang dibangkitkan sejak kita di bangku sekolah dasar. Selain memperkenalkan huruf dan angka, para guru juga membeberkan sedikit cita cita umum yang menjadi idola para anak SD. Guru dan dokter. ya, kami hanya mengetahui itu. karena hanya itu yang kami anggap cita cita. Tidak ada mekanik, tehnisi, arsitek, ataupun jadi agen FBI . Kami hanya anak desa yang sekolah didesa dengan segala keterbatasan pengetahuan dan informasi.
"Jangan membandingkan dirimu dengan orang lain." 
Tapi jika tidak mengambil perbandingan, apakah akan ada tolak ukur kesuksesan untuk diraih?. Kami selalu membandingkan diri dengan sekolah keren yang lebih baik. Tapi guru hanya berkata nikmati masa dan kondisimu yang sekarang. Karena jika engkau terus mencari perbandingan engkau akan kurus. Ya mungkin itu yang membuat saya dan teman teman saya yang lain juga kurus. 

Kami tak mempunyai banyak pengetahuan dan informasi, kami bahkan bisa dikatakan ketinggalan jaman. di SD kami belum mengenal yang namanya komputer. Nanti pada saat SMP mulai berkenalan dengan tehnologi yang menyimpan banyak informasi ini. dan dari ketertarikan itu saya memilih SMK dan memilih jurusan Teknik Komputer Jaringan. Meskipun awalnya saya tidak tahu jurusan seperti apa yang saya pilih ini. Tapi setelah saya menjalani jurusan ini beberapa tahun, saya sempat memikirkan, "Mengapa saya tidak belajar sejak dulu tentang hal ini?"

Yang membuat sebagian besar anak di Indonesia tidak memiliki pekerjaan adalah tidak adanya skill/keterampilan. karena yang terjadi dan menjadi permasalahan adalah tidak adanya FOKUS BELAJAR. Berpindah musim, pindah jurusan, pindah pola pikir dan beradaptasi kembali. Saya sempat mempelajari beberapa teman yang saat SMP suka merangkai kata, pandai berpuisi dan berpantun, setelah lulus dia melanjutkan ke pelayaran dan mempelajari tehnik perkapalan. Seandainya saja dia fokus pada keahliannya mungkin saja dia akan menjadi penulis / pengarang hebat. 

Di SD dan di SMP pun, tidak ada fokus belajar, kalau saja kita dididik pada satu keahlian dan kita telaten didalamnya, maka akan tercipta banyak tim ahli yang fokus pada pekerjaannya. Bukannya serakah kepada jabatan yang lebih menjanjikan. seperti para koruptor. 

Setamat SMK, karena belum ada rejeki untuk melanjutkan ke perguruan tinggi negeri. Saya memutuskan untuk bekerja, apa saja. mencari informasi dari teman, kerabat dan keluarga. Akhirnya sempat bekerja di toko service komputer, dan di salah satu perusahaan swasta. Saat saya bekerja di perusahaan swasta ini. Masih, belum ada waktu, dan belum berjodoh dengan yang namanya bangku kuliah. Sampai pada tahun kedua kelulusan. Saya berpindah kerja ke salah satu perusahaan swasta lagi, dan mendapatkan libur sabtu dan minggu. Di kesempatan ini, saya sadar, bahwa ini adalah kesempatan emas yang harus saya manfaatkan baik - baik. Melanjutkan pendidikan seperti yang saya sukai. Tapi pekerjaan mengharuskan saya memilih jurusan lain. Manajemen Keuangan. Finance. Untuk bergelut di dunia kerja sambil kuliah. dibutuhkan semangat, kerja keras dan tentunya waktu yang bisa diatur / di manage sedemikian rupa. dibalik tugas kampus yang menumpuk dan pekerjaan yang membahana banyaknya. Kita harus siap fisik dan mental. 

Betul kata kata di baju pelulusan fausan. "Anda akan menghadapi dunia yang sebenarnya". Setamat SMK yang penuh dengan masa yang hebat, tanpa beban pikiran yang berarti. Anda akan dihadapkan kepada pilihan, lanjut kuliah atau kerja. Banyak pula teman teman yang memanfaatkan waktunya untuk bekerja sambil kuliah atau kuliah sambil bekerja. kedua hal itu memiliki arti yang berbeda. 

Perbedaan kuliah dan kerja. Kalau kuliah sambil kerja, berarti waktu kuliah yang diutamakan dan kita menggunakan banyak waktu untuk kuliah, setelah itu baru bekerja sampingan. Tetapi kalau bekerja sambil kuliah, adalah menggunakan waktu bekerja lebih banyak lalu memanfaatkan waktu luang untuk kuliah, sembari menambah ilmu. 

Ternyata ada khasiat lain yang didapatkan dikampus, yang berbeda dengan ditempat kerja. Persahabatan, dan perjuangan bersama. Suasana Sekolah akan kembali terasa. Dibalik itu sarana untuk menghilang kepenatan bekerja akan kita dapatkan dikampus saat berbagi cerita dan makanan dengan teman. Sisi lain dari keuntungan kerja sambil kuliah adalah bisa membiayai diri sendiri tanpa harus membebani kedua orang tua lagi. Cukup sudah pengorbanan mereka selama 12 tahun banting tulang. Saatnya untuk meringankan beban meski sedikit. Kejar target yang selalu menghantui ruang kerja, bisa dilupakan sejenak saat tugas kampus pun menjadi beban. Jadi tuntutan untuk menyelesaikan dua hal yang sama pentingnya akan membuat anda terlatih dan lebih telaten.

Merasakan masa bangku kuliah, di tempat sabtu minggu  ini terdapat banyak orang - orang yang memiliki nasib "Baru sempat kuliah" setelah dunia berhasil melenakannya dengan segala uforia dan masalahnya. Ada yang sudah tahun kelima dari kelulusannya di tingkat sekolah menengah atas, ada juga sampai tahun ke delapan dan kesepuluh. Dari beberapa teman yang memberi pendapatnya, hampir semua sama "Baru ada rejeki dan kesempatan". Ada yang kuliah karena tuntutan perbaikan jabatan, ada pula yang ingin menambah ilmu / wawasan, serta ada yang ingin melanjutkan impian setelah sempat dikubur dalam dalam karena masalah ekonomi. Mereka semua pernah memiliki mimpi besar untuk kuliah, dulu. Dan sekarang saya dapatkan motivasi belajar dari mereka yang lebih tua dan belajar lebih giat dari mimpi yang sempat dikuburnya itu.

Pendidikan pun adalah jodoh, dengan kampus yang menawarkan kuliah sabtu minggu ini membuat waktu lebih bisa diatur. "Tidak perlu belajar terlalu jauh. Jika ingin serius, yang dekat akan memberi arti lebih dalam". Karena yakinlah Allah maha adil. dan membagi rejeki kepada semua ummatnya yang berserah diri kepadanya. Mungkin ini bukan ajakan untuk bekerja sambil kuliah. Tapi saya hanya sedikit berbagi pengalam tentang dunia yang saat ini saya jalani. dan saya mensyukuri itu.

 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Like this ya