Sang Ksatria Subuh, Sinopsis Film Pendek Cinta Subuh

02:15
Film pendek yang disutradarai M Amrul Ummani, sangat baik untuk dijadikan motivasi dalam menjalani kehidupan sebagai ummat muslim. Ceritanya sangat menarik karena diangkat dari kisah dan disesuaikan dengan kondisi remaja yang sudah menganggap biasa sebuah ikatan yang mereka sebut "pacaran". Produser hebat dalam film ini adalah Ryan Kurniawan dan pemainnya sendiri "Angga" (Andre M addin.)

Dalam film pendek ini menceritakan sebuah kisah tentang Angga yang memperjuangkan cinta untuk merebut hati Ratih yang seorang muslimah yang ditemuinya di masjid. Dalam kisah "Pacaran" yang telah mereka jalin beberapa bulan, tiba tiba hati Ratih merasa harus melepaskan Angga. Bukan karena dia tidak menyukai angga. Tapi karena Ratih sadar bahwa hubungan yang mereka jalin selama ini sangat tidak diperbolehkan oleh agama. 

"Bagaimana mau jadi imam yang baik, kalau mengimani diri sendiri saja belum bisa". Ungkapan Ratih kepada Angga untuk memutuskan hubungan mereka. Ratih merasa sudah tidak punya alasan lain lagi untuk menghentikan hubungan yang menjurus kepada kemaksiatan ini. 

Yang menarik dari kisah ini, adanya adegan yang menjadi kejutan dalam setiap serial, kebanyakan mulai terkuak dalam seri cinta subuh tiga. Sehingga kata "Owww, jadi begitu?" terlontar ketika menyaksikan film ini dari pandangan Dodi.

Cinta Subuh 01
Dalam film pendek cinta subuh satu mengangkat kisah dari perjuangan seorang Angga yang berusaha menjalin silaturahmi dengan ratih. Awalnya mereka berpapasan di masjid, seusai Ratih sholat, Angga terus berusaha meminta kontak Ratih. Dan terus berusaha menghubunginya, sehingga pacaran islami pun terjalin. "Sudah sholat belum?" Pesan singkat itu selalu dikirimkan Angga kepada Ratih ketika masuk waktu sholat. Tapi itu hanya untuk empat waktu sholat selain "subuh".  Ratih menganggap hubungan yang dia jalin saat ini dengan Angga itu salah, dan mencari berbagai alasan untuk menyudahinya. Akhirnya Ratih memutuskan hubungan yang keliru ini dengan alasan Angga malas untuk sholat subuh. 
Cinta Subuh 01



Karena alasan ini, akhirnya Angga, berusaha keras melawan kantuk dan rasa malasnya. Dia meminta dibangunkan  oleh tetangga kamarnya (Dodi) yang menurutnya rajin sholat subuh. Sedikit demi sedikit rasa malasannya runtuh, dan dari kebiasaan sholat subuh yang dilakukannya di masjid, membuatnya tidak malas lagi. Semangat yang berawal dari dorongan untuk mendapatkan hati Ratih kembali, membuat Angga yang seorang lulusan Akuntan mendapatkan pekerjaan dan akhirnya datang kerumah Ratih untuk melamarnya.

Cinta Subuh 02

Cinta Subuh 02
Film ini dari pandangan seorang Ratih yang berusaha keras memutuskan hubungan dengan Angga. Awalnya ketika mereka pacaran, Angga selalu memaksa untuk berboncengan dengannya. Tapi karena Ratih paham syariah, maka dia memakai motor sendiri dan tidak ingin berboncengan dengan Angga. ketika nge-date mereka menggunakan kursi dan meja masing masing. "Pacaran islami" katanya. Tapi itu sungguh tidak diajarkan dalam agama. Dalam akhir kisah, Ratih yang takut untuk menjalin sebuah hubungan pernikahan karena takut tidak bisa melakukan banyak hal mendapat nasihat dari istri kakaknya, Jangan takut menikah, karena menikah bukan karena seorang suami takut sama istri ataupun seorang istri tidak tunduk kepada suami, tapi komitmen untuk saling menjaga karena ridho ilahi. 

 Cinta Subuh 03
 
Cinta Subuh 03
Dari pandangan Seorang dodi.  Sahabat  Angga, yang berhasil membantu Angga untuk istiqomah menegakkan sholat subuh di masjid.  Dodi mendapat hidayah untuk melamar Aghnia, seorang gadis muslimah yang belum dikenalnya, bahkan tidak pernah  berbicara sekalipun dengannnya. Dodi tahu dan mendapatkan beberapa informasi tentang Aghnia dari sahabat Aghnia. 

Dia memberanikan diri berbicara kepada ayah Aghnia. Niat Dodi dihargai, sehingga dia diberi syarat untuk melakukan sholat subuh dimasjid setiap hari, dan on time selama empat puluh hari. Ini merupakan sesuatu yang sulit baginya. Dimana situasi Jakarta yang macet mengharuskan dia untuk star subuh menuju kantornnya.

Hasilnya, dia selalu datang terlambat dan setiap hari  disuruh menghadap keruangan bos. Setelah dodi menyadari bahwa dia tidak mampu lagi untuk bekerja diperusahaan itu, dia memilih risen dari pekerjaannya. Karena merasa bahwa amanah untuk sholat subuh di masjid dan menikahi Aghnia itu lebih besar dari pada amanah dalam pekerjaannya.

Allah memberi reseki yang baik kepada Dodi. Setelah Dodi berhenti bekerja di perusahaan, Dodi dipanggil bekerja pada usaha yang dirintis kakak Ratih yang seorang ustad kondang, Karena dia lulusan Informatika, maka sangat mudah baginya untuk berjualan online.

Dihari ketiga puluh usahanya dia gagal, dan harus sholat subuh dikamar Angga karena telah diminta untuk membangunkannya. Jika saya dipilih menjadi Dodi, saya akan mengabaikan saja Angga, dan berangkat ke masjid on time, tapi karena pesan positif dari film ini sangatlah baik, Dodi tidak meninggalkan Angga, dia tidak sholat subuh dimasjid setelah perjuangannya selama sebulan dia rintis, dan terpaksa harus sholat berjamaah di kost Angga.

Setelah sampai empat puluh hari, dia menghadap ke Abi Aghnia dan menceritakan semuanya. "Saya telah gagal dari syarat itu pak". ungkap Dodi.
"Kamu tidak gagal Dod, Malah kamu melakukan hal yang diluar dari ekspektasi saya. kamu mengajak orang lain untuk sholat subuh di masjid dan membuatnya menjadi rajin dan tekun beribadah, sungguh langkah dakwah yang mulia". 

Lamaran Dodi pun diterima dan dia Akhirnya menikah dengan Aghnia.

Bagaimana dengan Angga dan Ratih?, Saksikan dalam Cinta Subuh the movie, yang akan rilis di 2016, Insya Allah.

Pemain dalam Film Pendek Cinta Subuh ini adalah :
Bismo Satrio, Alias Dodi, Hana Nurjannah alias Aghnia, dan Ahmad Jameel alias ayah Aghnia, Suatriadi Gucci alias ustadz Sapta, Andre M addin alias Angga, hidyattur Rahmi  alias Ratih.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

4 komentar

Write komentar
Almahdi Shirt
AUTHOR
1 August 2017 at 03:21 delete

Bagus artikelnya, salam dari kami..

Reply
avatar
25 September 2017 at 15:45 delete

Iya mas, jangan segan2 membaca :)

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
27 September 2017 at 20:54 delete This comment has been removed by the author.
avatar

Like this ya